Asal Usul Sepeda Secara Singkat

Meskipun saat ini kita hidup di zaman modern dimana kita bisa pergi ketempat jauh dengan singkat, namun bagi sebagian orang bersepeda adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus menyehatkan. Apalagi kalau bersepeda dilakukan di pagi hari bersama teman-teman, tentu mengasyikan bukan?

Meskipun kita tahu sepeda tidak secepat motor apalagi mobil, tapi pernahkah dalam pikiran Anda membayangkan bagaimana model sepeda yang pertama kali diciptakan? Dan pernahkah Anda bertanya-tanya siapa orang yang pertama kali menciptakan kendaraan roda dua tersebut? Jika Anda berpikiran demikian dan ingin mencari tahu jawabannya, berikut ini telah kami ringkas asal usul atau sejarah sepeda yang kami kemas secara singkat.

Sejarah Sepeda
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sepeda mengalami perubahan model dan bahkan terbagi kedalam beberapa model. Dari yang awal mulanya berbentuk sangat sederhana, sampai model sepeda yang kita kenal sekarang ini. Hal ini tidaklah terlepas dari kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan oleh mereka yang begitu ahli dalam bidangnya sehingga akhirnya sampailah pada model sepeda saat ini.

Berdasarkan informasi yang kami ringkas dari id.wikipedia.org, ensiklopedia Columbia memperkirakan bahwa nenek moyang sepeda berasal dari negara Perancis. Menurut catatan sejarah, perancis sudah mengenal sepeda pada awal abad ke-18. Mereka menamai kendaraan roda dua ini dengan sebutan Velocipede.

Meskipun demikian, penemu sepeda yang ditemui dari berbagai sumber dan catatan sejarah ternyata sepeda bukanlah berasal dari Perancis. Akan tetapi pada tahun 1818, Baron Karls Drais von Sauerbronn yang merupakan seorang kepala pengawas hutan berkebangsaan Jerman adalah orang yang menyempurnakan Velocipede.

Sebagai seorang kepala pengawas hutan, tentunya ia memang sangat membutuhkan sebuah alat transportasi yang bisa digunakan untuk mempermudah mobilitas kerjanya yang tinggi. Model sepeda pertama yang dikembangkannya pun sangatlah sederhana. Sepeda ini tercipta dengan memadukan model sepeda dengan kereta kuda. Sejarah akhirnya mencatat bahwa Baron Karls Drais von Sauerbronn dinobatkan sebagai penemu sepeda karena ia dianggap sebagai peletak dasar pertama teknologi pembuatan sepeda.
sejarah sepeda
Pada tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan yang merupakan seorang pandai besi dari Scotlandia menciptakan pedal besi untuk mengayuh sepeda. Pedal besi ini sejatinya berfungsi sebagai alat pendorong atau menggerakkan sepeda. Pedal tersebut diaktifkan oleh engkol melalui gerakan naik turun kaki dalam mengayuh sepeda. MacMillan akhirnya menghubungkan pedal dengan tongkat kemudi atau stang sederhana yang berfungsi untuk memandu lajur sepeda.

Tahun 1855, seorang pandai besi berkebangsaan Perancis, yakni Ernest Michaux menemukan pemberat engkol yang bermanfaat untuk menjaga gerak sepeda supaya lebih stabil.

Tahun 1965, seorang berkebangsaan Perancis lainnya, yaitu Pierre Lallement menambahkan lingkaran besi pada roda yang saat ini dikenal dengan nama velg. Disamping itu, Pierre Lallement juga memperkenalkan model sepeda dengan ban depan lebih besar sedangkan ban bagian belakangnya lebih kecil.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri dan model sepeda terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Terutama pada saat ditemukannya sebuah teknologi pembuatan baja berlubang dan penemuan-penemuan lainnya, seperti stang, rantai, rem, dan yang lainnya.

Itulah informasi singkat mengenai asal usul atau sejarah sepeda yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan baru bagi Anda.